Pages

soni andia wahyudi. Diberdayakan oleh Blogger.

aku yang apa adanya

Cari Blog Ini

Senin, 05 Januari 2015

keuntungan menggunkan sistem pertanian terpadu

pertanian terpadu adalah menggabungkan berbagai teknik budidaya dari peternakan, perikanan dan pertanian, yang bertujuan untuk saling mendukung dan memberi sumber energi (makanan) di antara tanaman atau hewan yang dibudidayakan, sehingga biaya produksi pertanian menjadi lebih tinggi dan lebih efisien, karena ada rantai makanan (energi) untuk kehidupan di dalam sistim pertanian yang saling mendukung.   Sistim pemberian energi yang saling mendukung tersebut dapat diberikan contoh secara sederhana:  limbah-limbah pertanian berupa daun, buah, bunga bisa diberikan ternak atau ikan pemakan tanaman (herbivora); kotoran ternak/ikan bisa digunakan untuk pupuk;  limbah ternak pemakan biji-bijian dan protein hewani (ayam) bisa digunakan untuk makanan ikan dan babi; bangkai ayam/bebek bisa dimakan oleh ikan lele; kotoran sapi bisa digunakan sebagai makanan cacing; cacing bisa digunakan sebagai makanan unggas atau ikan; kotoran ternak (sapi,ayam, kambing, manusia) bisa digunakan untuk biogas, sebagai sumber energi manusia; produksi pertanian, peternakan dan perikanan diambil manfaatnya secara keseluruhan untuk manusia.
 usaha pertanian terpadu meningkat kombinasinya menjadi agrowisata/ ekowisata, sebagai tempat percontohan pertanian yang layak dikunjungi untuk tujuan wisata, perjamuan, penyegaran (refreshing), pendidikan, pelatihan, seminar dan pertunjukan seni/budaya. Usaha agrowisata dan ekowisata menjadi berkembang, seiring dengan semakin meningkatnya pemahaman masyarakat akan kebutuhan produk-produk pertanian organik, kesehatan, kecantikan, umur panjang dan kelestarian lingkungan.
Saya mengunjungi banyak tempat pertanian yang telah menerapkan pertanian terpadu sejak tahun 2000. Dari kunjungan tersebut banyak ide-ide segar bisa diambil untuk dipraktekkan di dalam pertanian sendiri, atau bisa diinformasikan kepada peserta pelatihan, atau kepada mereka yang ingin menambah wawasannya tentang pertanian terpadu.  Kombinasi pertanian terpadu yang ditemukan bukan saja dari pertanian, peternakan dan perikanannya saja, tapi jauh lebih detil lagi dan menjadi semakin menarik, karena pertanian terpadu tersebut tergantung dari jenis tanaman, ikan, dan ternak yang dibudidayakan, serta  manusia yang berinteraksi, sebagai pengelola, sebagai pemutar dan ikut terlibat dalam perputaran roda ekonomi pertanian terpadu tersebut.
Pertanian terpadu menjadi semakin menarik untuk dilihat, direnungkan dan dipraktekkan, jika dari sistim pertanian terpadu tersebut dapat memberikan kesejahteraan bagi sistim pertanian terpadu tersebut (tanaman, ternak, ikannya) hidup sehat dan subur, dan jauh lebih penting lagi adalah manusianya (petaninya) mendapatkan kesejahteraan (keuntungan materi) dari hasil usaha peternakan, pertanian dan perikanannya tersebut.  Secara singkat dapat dijelaskan bahwa, tujuan dari praktek sistim pertanian terpadu tersebut adalah, memberikan lingkungan dan manusia yang sehat, memberikan keuntungan secara lahir batin kepada manusia, serta hemat energi untuk memproduksi hasil pertanian.
Untuk bisa memberikan keuntungan materi dalam menerapkan pertanian terpadu, hendaknya petani/pengusaha pertanian tidak memaksakan suatu komoditas pertanian/peternakan/perikanan tertentu.  Jika banyak air tersedia, maka lebih bagus air tersebut dimanfaatkan untuk usaha perikanan sebagai inti pertanian terpadu.  Jika banyak makanan hijauan ternak tersedia, maka lebih baik peternakan digunakan sebagai inti pertanian terpadu.  Kondisi tanah dan iklim juga menentukan komoditas tanaman yang akan dibudidayakan, yang juga disesuaikan dengan budaya pertanian setempat untuk tujuan memenuhi pemasaran produk pertanian yang sudah ada, atau dicarikan terobosan baru, dengan mencari jenis tanaman baru yang memiliki peluang pasar yang lebih baik

1 komentar:

  1. Informasi bagus di sini, saya ingin berbagi dengan Anda semua pengalaman saya mencoba mendapatkan pinjaman untuk memperluas Bisnis Pakaian saya di Malaysia. Sangat sulit pada bisnis saya turun karena penyakit kecil saya waktu singkat maka ketika saya sembuh saya membutuhkan dana untuk mengaturnya lagi bagi saya untuk memulai jadi saya bertemu Mr Benjamin seorang petugas konsultan pinjaman di Le_Meridian Funding Service. Dia bertanya saya tentang proyek bisnis saya dan saya katakan kepadanya saya sudah memiliki One dan saya hanya perlu pinjaman 200.000,00 USD dia memberi saya formulir untuk diisi dan saya juga dia bertanya kepada saya tentang ID Valid saya dalam beberapa hari. Mereka melakukan transfer dan pinjaman saya diberikan . Saya benar-benar ingin menghargai upaya di sana juga mencoba untuk memberikan ini kepada siapa pun yang mencari pinjaman bisnis atau masalah keuangan lainnya untuk Menghubungi Layanan Pendanaan Le_Meridian Di Email: lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. Ia juga tersedia di WhatsApp Contact: +1 -9893943740.

    BalasHapus

 

Blogger news

Total Tayangan Halaman

Blogroll

Translate

About